Sahabat
Edukasi yang sedang berbahagia...
Di
tahun 2016 ini, Direktorat Pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
mengadakan Lomba Penyusunan Konten Anggun PAUD yang memiliki beberapa tujuan di antaranya yakni;
1.
Mensosialisaikan
Laman Anggun PAUD kepada masyarakat luas khususnya para pendidik dan pemerhati
PAUD.
2.
Meningkatkan
partisipasi masyarakat/melibatkan publik dalam pengisian laman Anggun PAUD
sesuai dengan minatnya dengan memperhatikan kebutuhan pendidik dan anak didik
PAUD.
3.
Memperkaya
konten muatan laman Anggun PAUD agar lebih mampu dan layak untuk dijadikan
sebagai rujukan atau referensi bagi guru PAUD dalam mengelola kegiatan bersama
anak.
Jenis dan Ketentuan
Lomba:
Konten
Anggun PAUD yang dilombakan untuk konsumsi peserta didik PAUD usia 4-6 tahun.
1. Lomba Penyusunan
Cerita Rakyat
Ketentuan:
a.
Fokus
pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa.
b.
Sasaran
pengguna : Guru PAUD, Pengelola PAUD.
c.
Cerita
rakyat dapat berbentuk; (1) Fable (cerita binatang), (2) Legenda (asal-usul terjadinya
suatu tempat), (3) Sage (unsur sebuah sejarah), (4) Epos (kepahlawanan) atau,
(5) Cerita jenaka.
d.
Cerita
disampaikan dalam bahasa Indonesia.
e.
Panjang
naskah 400 – 600 kata.
Hadiah:
a.
1
orang pemenang pertama dengan hadiah Rp. 15.000.000,-
b.
1
orang pemenang kedua dengan hadiah Rp 10.000.000,-
c.
1
orang pemenang ketiga dengan hadiah Rp. 7.500.000,-
d.
10
hadiah hiburan dengan hadiah @ Rp. 5.000.000
2. Lomba Pembuatan Lagu
Anak
Ketentuan
a.
Fokus
pada pengembangan Nilai Agama dan Moral, Motorik, dan Bahasa
b.
Lagu
anak berbahasa Indonesia
c.
Disertakan
dengan partitur, dengan durasi lagu antara 1 s.d. 1,5 menit.
d.
Dilagukan
oleh anak usia dini dengan nada c1 paling rendah dan c2 paling tinggi (1 oktaf).
Hadiah:
1)
1
orang pemenang pertama dengan hadiah Rp. 15.000.000,-
2)
1
orang pemenang kedua dengan hadiah Rp 12.500.000,-
3)
1
orang pemenang ke tiga dengan hadiah Rp. 9..500.000,-
4)
12
hadiah hiburan dengan hadiah @ Rp. 6.500.000
3. Lomba Penyusunan
Permainan Mendidik (Edu Game)
Ketentuan
a.
Fokus
pada pengembangan aspek Kognitif (pengenalan konsep dasar matematika dan
keaksaraan awal) dan Seni (rupa, dan musik).
b.
Aplikasi
permainan dibuat dengan format HTML5
c.
Menitik
beratkan pada kemampuan secara teknis untuk membuat aplikasi game melalui penyusunan
karakter, background, strategi permainan, sehingga game tersebut mampu berinteraksi
dengan user-nya.
d.
Dilengkapi
dengan dokumentasi/ instruksi cara menggunakan aplikasi game tersebut.
e.
Permainan
harus dapat dimainkan setidaknya di dua browser: Firefox dan Chrome. Dan harus
dapat berjalan dengan baik, jika terjadi error otomatis menjadi gugur.
f.
Game
dipublikasikan dan digunakan oleh sasaran anak usia 4-6 tahun.
Hadiah:
a.
1
orang pemenang pertama dengan hadiah Rp. 25.000.000,-
b.
1
orang pemenang kedua dengan hadiah Rp 20.000.000,-
c.
1
orang pemenang ke tiga dengan hadiah Rp. 15.000.000,-
d.
10
hadiah hiburan dengan hadiah @ Rp. 7.500.000
4. Lomba Penyusunan
Buku Cerita Anak dalam format e-book
Ketentuan:
a.
Fokus
pada pengembangan sosial emosional dan bahasa
b.
Minimal
10 halaman dengan pewarnaan penuh
c.
Ukuran
huruf, kosa kata,dan jumlah kalimat per halaman disesuaikan dengan usia sasaran
(4-6 tahun)
d.
Penokohan
dapat manusia atau lainnya (binatang atau tokoh imajiner)
e.
Ukuran
per halaman A4.
Hadiah”
b.
Cerita Anak dengan format e-book:
1)
1
orang pemenang pertama dengan hadiah Rp. 17.500.000,-
2)
1
orang pemenang kedua dengan hadiah Rp 12.500.000,-
3)
1
orang pemenang ke tiga dengan hadiah Rp. 10.000.000,-
4)
15
hadiah hiburan dengan hadiah @ Rp. 5.000.000
Persyaratan:
1.
Peserta
Peserta
terbuka untuk umum, kecuali peserta Direktorat Pembinaan PAUD..
2.
Naskah/ produk:
a.
Orisinalitas
mutlak.
b.
Tidak
mengandung unsur kekerasan, pornografi, suku, agama, ras, antar golongan, pelecehan
fisik, simbol dan radikalisme.
c.
Penerima
manfaat adalah anak usia 4-6 tahun dengan bimbingan orang tua dan guru.
d.
Peserta
dapat mengirimkan lebih dari satu naskah dalam jenis (kategori) yang sama atau
berbeda
e.
Semua
karya yang masuk akan menjadi hak milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
u.p. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
3.
Pendaftaran dan Pengiriman
Pendaftaran
dan pengiriman hasil karya dimulai tanggal 15 Juni 2016, dan dikirimkan ke alamat
:
Direktorat
Pembinaan PAUD,
Kompleks
Kemdikbud, Gedung E Lt. 7
Jalan
Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta
Kode
Pos 10270
Batas
waktu pengiriman paling lambat tanggal 31 Agustus 2016 cap pos. Semua
kontributor dalam penyusunan dan pengembangan produk dicantumkan secara lengkap.
4.
Penilaian
Penilaian
dilakukan oleh Tim Juri yang berkompeten di bidangnya didasarkan pada unsur:
a.
Orisinalitas
karya
b.
Kesesuaian
dengan tema dan fokus aspek perkembangan
c.
Kesesuaian
karya dengan sasaran (pendidik atau anak didik usia 4-6 tahun)
d.
Kejelasan
pesan yang disampaikan
e.
Kesantunan
bahasa
f.
Keutuhan
cerita/karya
g.
Keserasian
karya: syair dan notasi, teks dengan ilustrasi, dst.
5.
Pengumuman Pemenang
Pemenang
diumumkan melalui web http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau http://www.paud.kemdikbud.go.id
tanggal 13 - 15 September 2016.
6.
Penyerahan Hadiah:
Hadiah
lomba akan diserahkan bersamaan dengan Hari Anak Universal bulan September 2016.
7.
Pemanfaatan Naskah/Produk
Naskah
yang masuk ke Panitia dan dinyatakan menang menjadi hak Panitia dan akan di upload
ke laman http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau http://www.paud.kemdikbud.go.id
Naskah
yang tidak menang tetap menjadi hak penyusun kecuali apabila diserahkan ke Dit.
Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
· Download lembaran
informasi lomba ini dengan klik tautan berikut..
· Download formulir
pendaftaran Cipta Karya PAUD 2016 silahkan klik tautan berikut..
Demikian
info terbaru tentang Lomba Cipta Karya PAUD di Tahun 2016. Semoga bermanfaat
dan terimakasih... Salam Edukasi...!
0 Response to "Lomba Cipta Karya PAUD Tahun 2016, Tema “ Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” "
Post a Comment